Perlakuan pengiriman kambing etawa

Posted: 26 April 2013 in Uncategorized

Sebenarnya tidak ada perlakuan yang istimewa setelah kambing mengalami perjalanan jauh hanya sekedar pelepas stress biasa selama perjalanan.

umumnya perpindahan ternak dari suatu daerah ke daerah lain akan mengalami gangguan pola hidup pada ternak dan bahasa umum menyebutnya sebagai stress.

stress pada ternak khususnya kambing memang sering ditemui bahkan ada yang berakibat fatal, sakit berkepanjangan kemudian tidak doyan makan hingga akhirnya daya tahan tubuh kambing melemah dan yang paling tragis menjadi penyebab kematian ternak.

namun sebenarnya hal tersebut bisa dicegah sejak dini dengan memberikan asupan nutrisi yang baik saat pemberangkatan serta memberikan suntikan vitamin pada ternak sesaat sebelum dikirim.

pada ternak yang sehat kedua hal tersebut cukup untuk menghindari ternak stress setelah pengiriman ke luar daerah, namun berbeda jika sejak awal ternak mengalami gangguan kesehatan atau tidak lolos uji lab kesehatan yang dilakukan oleh dinas kesehatan hewan.

sebagai contoh apa yang sering saya lakukan sebelum pengiriman biasanya kami memberikan suntikan vitamin b complek yang perlakuannya saya sering meminta bantuan mantri kesehatan hewan, jika tidak ada ya kita membanding jumlah cc vitamin terhadap berat badan ternak.

selain kami memberikan suntikan vitamin kami biasanya memberikan pakan yang berbentuk hijauan dan memiliki kadar glukosa yang lumayan tinggi, sebagai contoh adalah jagung sayur berikut batangnya.

selama perjalanan makanan kambing juga harus diperhatikan dan disiapkan jika memungkinkan kita tetap membawa hijauan pakan yang tahan lama seperti glagahan, sataria, dan daun nangka, disamping kita juga menyiapkan konsentrat sekelas bubuk gandum yang berkarbohidrat tinggi.

berikan air minum secukupnya agar tidak terjadi water blood dan jika menggunakan truck sebaiknya di desain seperti kandang berjalan agar angin yang masuk tidak terlalu kencang namun tidak pengap, angin yang terlalu kencang akan mengakibatkan masuk angin atau kembung, meski dapat di obati dengan anti blood namun sebaiknya dihindari ventilasi udara yang berlebihan.

sesampai tempat dimana ternak akan dipelihara atau sampai ke tempat akhir pengiriman biarkan ternak turun dan bebaskan melompat lompat mengenali udara sekitarnya kemudian berikan air garam untuk diminumkan, selang beberapa saat sesegera mungkin berikan hijauan pakan ternak.

jika terpaksa mendapati kambing yang stress karena perpindahan tempat berikan suntikan vitamin agar kambing kembali bugar, jika kambing mengalami susah makan berikan terapi pijit telinga seperti yang pernah saya tuliskan di artikel terdahulu.

nah selamat mencoba semoga ternak anda dalam pengiriman akan baik baik saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s